Kapan Waktu Terbaik Anak Minum Susu?

Minum susu pertumbuhan untuk anak memang sengat baik bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Agar bisa memperoleh manfaat dari minum susu, tidak sedikit orang tua yang menganggap pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk buah hatinya minum susu. Namun, ada pula yang mengutamakan malam hari. Sebenarnya, apakah ada waktu terbaik untuk memberikan susu?

Bagaimana dengan Minum Susu saat Pagi Hari?

Susu menjadi minuman terbaik yang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi seperti magnesium, kalsium, kalium hingga vitamin D. Bila anak mengkonsumsi susu sebelum menjalani aktivitas di pagi hari, ini berarti Anda telah memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin buah hati lebih awal. 

Sebuah studi menunjukkan, jika orang yang mengkonsumsi susu ketika serapan, memperoleh lebih bayak nutrisi yang diperlukan tubuh dibandingkan dengan mereka yang jarang minum susu saat pagi hari. Di dalam segelas susu, kita bisa menemukan protein yang berperan sebagai penguat tulang, sistem kekebalan tubuh dan otot.

Tak hanya itu, kandungan protein yang berada did alam susu juga bisa membuat perutnya menjadi terasa kenyang lebih lama. Sehingga jika Anda rutin memberi susu untuk si kecil setiap pagi, ia menjadi tak mudah lapar hingga makan siang. Bukan hanya itu, memberikan susu di pagi hari pada anak akan semakin melancarkan aktivitas otak dan sarafnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk anak agar lebih mudah menyerap informasi di sekitarnya.

Di samping berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan minum susu anak di pagi hari, Anda harus berhati-hati karena tak dianjurkan memberi susu ketika menjelang waktu makan utama. Kandungan protein serta lemak dalam susu akan membuat anak menjadi merasa kenyang sehingga membuatnya malas makan.

Selain itu hindari memberikan makanan yang memiliki kandungan zat besi seperti sayuran hijau dan daging merah, karena zat besi akan semakin memperlambat penyerapannya, anak pun menjadi semakin rentan terkena anemia di waktu bersamaan. 

Bagaimana dengan Memberikan Susu di Malam Hari?

Bila Anda memberikan susu ketika si kecil akan tidur, tubuh nantinya akan melepaskan hormon pertumbuhan menjadi lebih cepat sehingga kalsium yang berada di dalam susu dapat digunakan dengan maksimal untuk menguatkan tulang anak. Anda bisa memperhatikan pola tidur buah hati setiap malam sesudah rutin memberikannya sebelum tidur.

Nantinya, Anda akan menemukan anak tidur semakin nyenyak serta jarang terbangun di malam hari. Ini dikarenakan, susu hangat akan membantu mengendurkan ototnya, menjadi semakin rileks serta nyenyak saat tidur. Bukan hanya itu, susu akan membantu melancarkan sistem pencernaannya. Sehingga tidak heran jika si kecil akan lebih mudah buang air besar ketika pagi hari.

Sebenarnya, tidak ada waktu yang pas untuk anak minum susu. Susu dapat dikonsumsi kapan pun serta tidak harus rutin, karena susu memiliki peran sebagai pelengkap nutrisi anak. Sebenarnya, selain memperhatikan kapan minum susu pertumbuhan untuk anak, hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah memilih susu yang paling tepat. 

Salah satu susu yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Morinaga seperti Morinaga Chil-Kid. Berbagai macam kandungan di dalam susu Morinaga berperan aktif untuk membantu mencerdaskan otak buah hati seperti kandungan AA yang berperan untuk pembentukan jaringan otak, kandungan ini biasanya ditemukan pada ASI. Ada juga DHA yang sangat mirip dengan AA. Kandungan ini akan membantu perkembangan indera dan otak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *