Karakter dan Strategi B2B Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Penjualan B2B tentunya membutuhkan pendekatan yang bereda dengan penjualan B2C. Namun pendekatan ini tentunya harus berfokus untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Untuk meningkatkan penjualan B2B tentunya Anda perlu meningkatkan pelayanan pelanggan. Berikut strategi B2B Indonesia yang bisa Anda terapkan.

Pahami Siapa Target Prospek Bisnis Anda

Sebelum melakukan strategi penjualan B2B, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui siapa target prospek bisnis Anda. Untuk itu pastikan Anda membuat representasi fiksi dari klien terlebih dahulu. Sebab hal ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan strategi penjualan yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Website Bisnis yang Efektif

Tanpa disadari website bisnis merupakan katalog online yang akan ikut mempengaruhi keputusan transaksi dengan pelanggan. Untuk itu, pastikan Anda membuat website yang baik bagi para pelanggan sekaligus dapat digunakan untuk melakukan evaluasi.

Email Marketing

Email marketing saat ini mungkin terkesan kuno dalam strategi B2B Indonesia. Namun faktanya email marketing juga cukup menjanjikan peluang bisnis Anda menjadi lebih berhasil. Sebab Email marketing dianggap sebagai salah satu strategi ampuh dalam bidang digital marketing karena konten dapat langsung ditunjukkan ke target pasar.

Konten dan Inbound Marketing

Faktanya ada sekitar 49% bisnis B2B meningkatkan konten marketing untuk membuat perencanaan. Baik perencanaan jangka pendek maupun perencanaan jangka panjang. Untuk itu pastikan Anda mampu membuat konten marketing yang bisa membantu para pelanggan untuk bisa memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) juga merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda terapkan pada bisnis B2B. SEO memang mampu menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis B2B. Meski demikian, strategi ini patut untuk Anda pertimbangkan. Terlebih lagi jika Anda ingin mencapai rangking tertinggi pada mesin pencari.

Media Sosial

Media sosial mampu menjadi salah satu strategi digital bisnis B2B yang cukup menjanjikan. Pasalnya ada sekitar 60% calon pembeli akan memeriksa ketersediaan produk di sosial media. Jadi dengan lata lain, sosial media merupakan rujukan atau sumber informasi yang paling sering digunakan jika dibandingkan dengan rekomendasi rujukan lainnya.

Analisis dan Pengembangan

Analisis merupakan salah satu poin penting yang tidak bisa Anda abaikan dalam bisnis B2B. Sebab dengan adanya analisis, tentunya Anda akan lebih mudah dalam menentukan strategi marketing apa yang paling tepat diterapkan pada bisnis Anda. Dengan hal ini tentunya Anda bisa memutuskan untuk mengembangkan atau membuang strategi tersebut.

Karakter Segmentasi Pasar B2B

B2B yang dimaksud di sini adalah bahwa produk dan jasa yang Anda tawarkan tidak akan langsung sampai ke pelanggan terakhir. Jadi keputusan untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan berada pada pemilik perusahaan. Lantas bagaimana cara Anda agar bisa menjangkau mereka sedangkan Anda tidak kenal dengan mereka, begitu pula sebaliknya.

Keberhasilan B2B di Indonesia sendiri sebenarnya masih bergantung pada faktor kedekatan antara pihak penyedia barang atau jasa dengan pihak eksekutif yang berwenang. Meski demikian tak perlu khawatir, sebab skenario ini tidak berlaku sama dalam beberapa kasus jika Anda menggunakan layanan B2B dari Blibli dengan penawaran dan proses yang mudah.

Nah di atas merupakan beberapa karakter dan strategi B2B di Indonesia. Jadi bagaimana apakah Anda juga tertarik menggunakan layanan B2B untuk menawarkan produk Anda? Anda dapat dengan mudah bekerja sama dengan blibli.com sebagai salah satu penyedia B2B Indonesia yang aman dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *