Penyebab Terjadinya Hiperhidrosis dan Cara Mengatasinya

Hiperhidrosis merupakan masalah keringat berlebihan yang dialami tubuh. Anda yang mengalami masalah ini akan merasa tidak nyaman. Biasanya terjadi pada beberapa bagian utama yaitu di ketiak, tangan, kaki, dan juga bagian dahi. Berikut ini penyebab terjadinya dan cara yang tepat untuk bisa mengatasinya.

Penyebab Terjadinya hiperhidrosis

Penyebabnya terbagi menjadi dua adalah primer atau disebut dengan terfokus. Ketika Anda berada pada kondisi ini maka akan mendorong kelenjar keringat keluar dengan lebih aktif.  Keringat yang dialami biasanya terjadi di beberapa area tubuh seperti ketiak, kaki, tangan, dan juga bagian dahi.

Keringat berlebihan ini bisa dialami sekaligus di semua area tersebut. Penyebab ini bisa terjadi sejak usia kanak-kanak dan umumnya terjadi saat bangun tidur. Penyebab ini diduga karena merupakan faktor genetik yang turun temurun.

Penyebab sekunder dapat terjadi karena kondisi medis. Penyakit yang membuat Anda mengalami keringat banyak seperti diabetes, asam urat, obesitas, dan cedera pada bagian tubuh. Gejalanya Anda akan mengalami keringat berlebihan di seluruh bagian tubuh. Selain itu bisa juga disebabkan karena efek samping obat atau suplemen yang dikonsumsi.

Jenis masalah keringat ini terjadi ketika Anda sudah berusia dewasa. Aroma keringat akan terasa tidak enak. Keringat banyak ini juga dapat terjadi saat Anda sedang tertidur, terutama di cuaca yang panas. Apa lagi aktivitas Anda sangat padat sehingga tidak ada jeda untuk melakukan istirahat.

Cara Mengatasi Hiperhidrosis

Anda bisa mengatasi masalah keringat ini dengan melakukan pengobatan bedah Endoscopic Thoracic Sympathectomy. Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi keringat di bagian tangan. Berbeda dengan mengatasi masalah keringat pada kaki karena kelainan kelenjar bisa diatasi dengan operasi lumbar sympathectomy yang sudah populer.

Cara mengatasi keringat sementara bisa Anda lakukan dengan membawa handuk yang menyerap keringat sehingga bisa dilap kapanpun dibutuhkan. Cara lain untuk mengatasi keringat di tangan dengan menggunakan mencuci tangan menggunakan air dingin sesering mungkin.

Ternyata bedak bayi juga dapat digunakan untuk mengatasi keringat yang berlebihan. Anda bisa menggunakannya setelah selesai mandi ke seluruh bagian tubuh. Selain itu keringat yang dialami dengan kapasitas terlalu banyak bisa karena mengonsumsi kopi, teh, atau minuman lainnya yang banyak mengandung kafein.

Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman ini agar keringat keluar dengan stabil. Cara yang paling mudah mengatasi hiperhidrosis dengan menggunakan antiperspirant. Produk yang mengandung alumunium klorida dengan fungsi untuk menyumbat kelenjar keringat sehingga keringat menjadi berkurang.

Paling praktis dengan biaya yang lumayan Anda bisa menggunakan alat untuk menghambat keringat. Alat ini digunakan untuk melakukan terapi pada kelenjar keringat sehingga mengurangi produksi keringat di dalam tubuh. Terapi ini perlu dilakukan rutin dan sekali terapi memakan waktu sekitar 20 sampai 40 menit.

Cara lain untuk mengatasi keringat ini dapat dilakukan dengan operasi pengangkatan kelenjar keringat. Operasi ini dapat dilakukan jika yang menjadi masalah ada di bagian ketiak. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu agar bisa segera mengatur jadwal operasinya.

Ada pun untuk bagian tangan tindakan yang akan dilakukan adalah simpatektomi. Tindakan ini dilakukan dokter dengan membakar atau menjepit saraf tulang belakang Anda. Bagian tubuh ini yang bekerja mengendalikan keringat di tangan.

Kondisi hiperhidrosis ini dapat terjadi kapan saja. Anda bahkan sering tidak menyadari masalah ini. penting sekali untuk mengambil tindakan yang cerdas jika masalah keringat terjadi di bagian tubuh. Gunakan produk perawatan yang tepat agar Anda tidak salah melakukan perawatan untuk mengatasi keringat yang bisa didapatkan di rexona.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *