Perlukah Tambahan Les Anak untuk Tingkatkan Belajarnya?

Banyak orang tua yang berbondong-bondong datang ke tempat les untuk memberikan tambahan les pada anaknya. Ada dasarnya, perlu tidak sih tambahan les anak itu? Nah, untuk Anda yang penasaran dengan jawabannya, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Perlukah Lakukan Tambahan Les untuk Anak?

Jika ditanya perlu atau tidakkah tambahan les untuk anak itu? Jawabannya tergantung dari usia anaknya. Untuk dengan taraf Sekolah dasar hingga sekolah menengah adanya les tambahan itu perlu jika di sekolah merasa kurang maksimal.

Namun, untuk anak balita yang menjelang usia 5 tahun dan baru masuk pra sekolah, memberikan les tambahan sepertinya tidak perlu. Mengapa demikian? Anak balita masih dalam masa pertumbuhan dan belajar hal-hal baru.

Ketika ia dimasukkan ke sekolah saja hidupnya sudah terbebani karena sudah tidak sesederhana sebelumnya. Mungkin ada segolongan anak yang juga mengalami keterlambatan jika dibandingkan dengan teman-teman seusianya. Sehingga para orang tua memutuskan untuk memberikan les tambahan di luar sekolah.

Dra. Adriani Purbo, MBA seorang akar psikolog anak menyatakan bahwa dengan mewajibkan bagi seorang anak dengan usia taman kanak-kanak untuk menguasai membaca dan menulis. Maka, hal ini sama saja memaksakan anak untuk bisa memiliki kemampuan yang seharusnya diberikan di masa sekolah dasar.

Ya, sering kali orang tua memaksa anak untuk bosan menguasai calistung atau baca tulis hitung di masa TK. Padahal, dengan memaksakan hal yang demikian, aktivitas bermain anak menjadi berkurang. Ini adalah masa keemasan untuk buah hati dimana masa ini hanya terjadi satu kali.

Sehingga sebagai orang tua tidak bisa memaksakan hal tersebut karena membebani anak. Nah, jika Anda ingin memberikan les pada anak, coba berikan les yang tidak menuntut anak untuk belajar calistung. Namun, Anda bisa memberikan ia les gambar.

Mengapa Harus Les Menggambar?

Jika ditanya mengapa menggambar bukan calistung? Jawabannya adalah karena menggambar adalah hal yang sangat menyenangkan bagi si buah hati. Bahkan dengan mengajarkan buah hati menggambar bisa membantu perkembangannya di masa yang akan datang.

Dengan memberikan les gambar pada anak, ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa ia dapatkan. Seperti halnya kecerdasan motorik-nya menjadi lebih terlatih, dapat meningkatkan memori anak, melatih kesabaran anak karena menggambar membutuhkan ketelitian, dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, mengurangi emosi negatif dan masih banyak lainnya.

Jika melihat manfaatnya yang luar biasa, les ini tentunya tidak akan membebani anak. Apalagi jika anak suka menggambar dan suka dengan warna-warna. Anda juga bisa menjadikan menggambar sebagai bakat untuk anak.

Tips Memilih Tempat Les untuk Anak

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat les menggambar untuk anak, di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  1. Pastikan Tempat Lesnya Nyaman

Ketika Anda memilih tempat les, pastikan bahwa tempat les tersebut nyaman. Dengan memilih tempat les yang nyaman anak akan lebih betah saat belajar.

  1. Metodenya Efektif

Tidak hanya nyaman saja, namun metode yang digunakan juga harus efektif, efektif di sini bisa menyenangkan, tidak membuat bosan, kreatif dan lebih maksimal.

  1. Fasilitas Memadai

Dengan fasilitas yang memadai tentunya juga mendukung kemampuan anak untuk belajar hal baru.

  1. Biaya Lesnya Sesuai Budget

Pastikan juga dalam memilih tempat les disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Jika melihat penjelasan di atas, memberikan les pada anak usia dini sebenarnya tidak masalah asalkan tidak membebani si anak. Salah satunya dengan memberikan les menggambar. Nah, untuk Ada yang sedang mencari tempat les anak, ada nih rekomendasi yang bisa Ada pilih. Anda cukup mengunjungi salah satu waralaba pendidikan di situsnya esda.co.id. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang masih bingung menentukan les untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *