Seluk Beluk Mengenai Peer To Peer Lending Yang Harus Kamu Pahami!

Pernah melakukan peminjaman? Kalau kamu pernah melakukan peminjaman maka kamu pasti pernah mendengar beberapa istilah ini. Biasanya dengan adanya istilah tersebut proses peminjaman bisa berjalan dengan lancar. 

Walaupun melakukan peminjaman tetap harus ada saksi antara kedua belah pihak agar peminjaman bisa dikatakan sah. Apalagi jika kamu meminjam uang tunai penting sekali untuk mempunyai bukti bahwa kamu telah melakukan peminjaman tersebut. Terkadang hal ini sering disepelekan oleh banyak orang yang ingin meminjam. Mau tahu seperti apa? Yuk intip di bawah ini, ya!

Pengertian p2p 

Sudah tahu mengenai p2p? P2P merupakan kepanjangan dari peer to peer lending. P2p juga termasuk ke dalam salah satu istilah dalam peminjaman. Sehingga wajar sekali jika p2p sering disebut dalam istilah peminjaman. Selain itu, p2p juga bisa menyatukan kedua belah pihak yang ingin melakukan pinjaman. 

Kalau kamu ingin melakukan p2p biasanya terdapat mekanismenya sendiri. Sehingga tidak sembarang kamu bisa melakukan p2p tersebut. Pihak bank akan memudahkan kamu jika kamu ingin melakukan p2p sesuai dengan mekanisme. Ada berbagai mekanisme p2p yang wajib kamu pahami jika ingin meminjam. 

Kalau kamu ingin melakukan p2p lending maka mudah banget, kamu hanya cukup menggunakan jaringan internet saja. Sehingga kamu tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan peminjaman. Jika sudah menggunakan jaringan internet, kamu bisa melakukannya kapan dan dimana saja. Hal ini bisa saja memudahkan kamu dalam melakukan pinjaman. 

Walaupun p2p memang memberikan kemudahan tetapi kamu juga bisa menikmati layanan yang diberikan. Karena layanan p2p hanya diperuntukkan untuk para peminjam. Tetapi harus sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku disana. 

Salah satu layanan yang diberikan peer 2 peer adalah layanan pinjam meminjam. Layanan ini pinjam meminjam ini berbasis digital sehingga kamu bisa mendapatkan layanan melalui daring. Layanan ini sudah diresmikan oleh pihak OJK. Sehingga kamu tidak perlu takut menggunakan layanannya. 

Manfaat meminjam di p2p

Bagi peminjam, meminjam uang adalah hal yang paling penting karena bisa membantu kebutuhan. Dan p2p merupakan salah satu tempat untuk meminjam uang yang paling dipercaya. Sehingga tidak jarang banyak orang yang meminjam uang di p2p.

Selain mempunyai layanan yang terbaik, peer to peer lending ini memang memberikan manfaat bagi si peminjam. Ada berbagai manfaat seperti bisa memberikan pinjaman dengan mudah, bisa meminjam dengan nominal berapapun, mempunyai risiko pinjaman yang rendah dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Pertama, bisa memberikan pinjaman dengan mudah. Hal yang terpenting bagi peminjam adalah wadah yang menyatukan peminjam dan pemberi pinjaman. Dengan memilih wadah yang tepat maka bisa mempengaruhi seperti apa pinjaman yang akan kamu dapatkan. 

Kedua, bisa meminjam dengan nominal berapapun. Pada p2p lending biasanya memang memiliki nominal yang berlaku. Misalnya untuk minimal nominal adalah 1 juta rupiah sedangkan maksimal nominal adalah 50 juta. Sehingga kamu harus mengembalikan pinjaman sesuai dengan jangka waktunya. 

Ketiga, mempunyai risiko pinjaman rendah. Semakin rendah risiko pada suatu pinjaman maka kamu tidak akan mendapatkan masalah mengenai pinjaman tersebut. Terkadang kalau kamu melakukan pinjaman pasti ada saja berbagai risiko yang kamu dapatkan. 

Demikian artikel ini mengenai peer to peer lending, p2p lending, peer 2 peer. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat di Amartha.com. Semoga penjelasan diatas bisa menambah kemampuan kamu. Semoga sukses selalu dan tetap semangat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *