Seperti Apa Sejarah Fashion Itu? Ini Nih, 8 Periodenya!

Fashion ternyata mengalami perubahan dari zaman ke zaman, lho! Apabila hari ini fashion yang Anda kenakan memiliki tampilan yang praktis dan  minimalis, ternyata itu sungguh berbeda dengan zaman dulu. Nah, bagaimana sih sejarah fashion sebenarnya? Ini nih, 8 periode dalam perubahan fashion yang harus Anda tahu!

1. Tahun 1700-an

Pada masa ini, busana yang dikenakan perempuan sangatlah tidak praktis. Gaun-gaun memiliki rok yang panjang mengembang. Gaun-gaun itu juga memiliki bingkai yang akan mengembang bila ditarik. Susahnya, mengenakan gaun ini, pada zaman dulu wanita juga harus menggunakan korset yang ketat agar penampilan mereka sempurna.

2. Tahun 1850-an

Periode ini dikenal juga dengan zaman Victorian. Pada era ini, gaun para perempuan memiliki rangka metal melingkar dalam rok. Untungnya, pada zaman ini korset tidak lagi menjadi tren karena wanita yang bertubuh kurus dianggap penyakitan. Jadi, yang memakai pakaian ini tidak terlalu tersiksa.

3. Tahun 1990-an

Era ini disebut juga Era Edwardian. Rok mengembang dengan rangka di dalamnya tak lagi disukai. Sebagai gantinya, fashion berubah menjadi gaun panjang bersiluet A-Line dengan pinggang yang ramping. Kerah tinggi dan lengan bervolume adalah salah satu tren juga. Sayangnya, di era ini, wanita kembali harus memakai korset untuk menunjang penampilan.

4. Tahun 1920-an

Pada era ini, tren berpakaian bisa dibilang lebih sederhana. Korset kembali tidak digunakan untuk membentuk tubuh. Malah, tubuh yang terkesan maskulin malah disukai. Gaun-gaun pada era ini berpotongan longgar dan bergaya androgini-lah yang paling digemari di sini.

5. Tahun 1940-an

Pada masa setelah perang dunia ke II ini, pakaian-pakaian yang memiliki fungsi menaikkan payudara dan memperbesar tampilan bokong mulai marak. Tren busananya lebih pada rok-rok panjang dengan desain penuh.

6. 1970-an

Pada masa ini, Madona dan Elvis Presley adalah ikon mode yang digemari. Gaya gothic mulai berkembang pada masa ini dan pakaian dengan bahan denim mulai populer. Ini dipengaruhi dengan musik disko yang populer pada zaman tersebut.

7. Tahun 1990-2000

Jeans, T-shirt, sweater adalah favorit dunia fashion pada era ini. Para perempuan rata-rata menginginkan tubuh yang kurus, tinggi dan payudara yang besar untuk menunjang penampilan. Pada awal tahun 2000an, warna-warna metalik mendominasi nyaris semua item mode di dunia.

8. 2010 Hingga Kini

Pada era ini, pakaian semakin praktis dan minimalis. Anda bisa memilih beragam fashion terkini yang menampilkan banyak desain pakaian, sepatu dan make up yang beragam. Kebebasan berbusana tidak terbatas pada zaman ini. Semua orang bebas memilih apa saja. Mau pakaian yang tertutup ataupun terbuka.

Tren fashion memang selalu berubah sepanjang waktu. Tapi kini Anda tak perlu memakai pakaian ribet dan diharuskan menggunakan korset pula. Kini Anda sudah mengetahui sejarah fashion yang terus berkembang sampai saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *